Chan Yan

………… just a simple indonesian personal interest weblog

Bhante juga manusia

Posted by chanyan pada 2010/04/25

Oleh : Chan Yan
 
Kemarin saya datang ke seminarnya bhante Utttamo di MGK. Dari awal sampai pulang sebelum acara selesai, saya tertawa terpingkal-pingkal. Gak jelas saya menertawakan siapa, menertawakan bhante atau menertawakan diri sendiri. Yang jelas rasanya plong… gratong lagi. Udah gitu, perut diganjel ama roti dan kue. Pulangnya dibekalin tas dan dua topi G2000. Gilaaaaa… murah ati amat yah panitia nya.
 
Ternyata bhante tuh ngikutin perkembangan dunia kang-ouw loh, kirain bhante cuman jago meditasi doang hehehe… Buktinya bhante tau ribut-ribut soal ‘Buddha gundul’ beberapa waktu lalu. Gak tau napa, bhante jawabnya bukan langsung di milis tapi di seminar. Seru khan hehehe… makanya ada bagusnya juga kalau kita sering-sering ribut di milis, paling gak, ada bahan buat tertawaan peserta seminar kayak saya. Benar-benar terhibur.
 
Sebelumnya saya mengira bhante tuh sejenis mahkluk dari mana gitu, makannya juga gak jelas apa. Yang biasa nafsuin saya cuman, bhante adalah ladang untuk menanam kebajikan yang tiada taranya di dunia. Yah namanya manusia, saya mau dong menanam investasi untuk masa depan, apalagi kalau tanahnya subur, nanti berbuahnya pasti buanyaak dan manis-manis.
 
Kalau tanaman kesayangan saya digangguin, saya marah dong. Rumput-rumput saya cabutin. Tikus yang nyarang, saya matiin. Makanya wajar juga kalau lagi dana makanan, saya sakit hati kalau dana makanan saya gak dicicipin. Apalagi kalau ada yang nyerobot ngeduluin, bener-bener kurang ajar, berani sabotase investasi saya.
 
Saya pernah baca cerita, seorang anak yang cuman pernah berdana satu buah apple saja kepada bhikkhu seumur hidupnya, setelah berkumpul kembali dengan ibunya di alam surga, di bakinya cuman ada satu buah apple saja sedangkan baki ibunya penuh dengan aneka macam makanan. Tentu aja saya maunya seperti ibunya, kelak penuh dengan aneka ragam makanan, gak mau seperti anak itu dong. Makanya kalau berdana makanan, saya pesannya beraneka macam ragam, gak peduli bermanfaat atau ‘over dosis’ bagi yang makan. Kalau makanannya gak dihabisin, rasanya saya kurang senang di hati. Masalah yang mau makan, ngeliatnya aja udah kenyang, saya gak peduli hehehe… saya suka lupa, bhante juga manusia…
 
 
(15-02-2009)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: