Chan Yan

………… just a simple indonesian personal interest weblog

Kaca Mata Ijo

Posted by chanyan pada 2010/04/25

oleh : Chan Yan
 
 
Judul tulisan ini adalah Kaca Mata Ijo. Sungguh keliru kalo ada yg bacanya sebagai kacang ijo. Apalagi kalo ada yg nekat, ngebayangin kolor ijo, huahaha… risiko tanggung sendiri deh.
 
Alkisah jaman dahulu kala, ketika musim kemarau panjang, tanaman mati semua, tanah retak2 gak bisa ditanami. Tapi kuda harus makan rumput, sedangkan stok di kandang sudah kuning dan kering. Kuda gak mo ngerti, mendingan mogok makan deh. Si kusir gak kehilangan akal, kudapun dipakein kaca mata yg warnanya ijo & rumput kering disemprot air, kuda menjadi gembira, rumput2 kelihatan seger dan ijo. Apapun makannya, yg penting… pake kaca mata ijo hehehe.
 
Lama setelah itu, temannya si kusir yang sok teu bilang, hebat yaa manusia, tinggal di bumi yg datar, kalo buminya berbentuk piramid khan bingung, gimana tidurnya. Udah gitu  dikelilingi matahari dari pagi sampe petang, malamnya bisa tidur. Coba kalo mataharinya dari pagi sampe pagi lagi, gak ada istirahatnya, kapan regenerasinya yaa. Maksudnya, sewaktu istirahat, sel-sel tubuh tuh berproduksi menggantikan yg rusak, gitu loh hehehe…  
 
Belakangan baru ketahuan, ternyata bumi kita tuh bundar, selain muter2 sendiri, juga muterin matahari. Tapi koq kelihatannya datar yaa… dan gak gonjang ganjing.
 
Soal gonjang-ganjing, sy tiba-tiba ingat bro N5 yang pernah ngomong jojing, jojing, jojing, mau, mau, mau. Biasanya yg pake angka 5 pasti ngetop. Contohnya pancasila khan 5 toh. Juga ada hotel bintang 5, kelasnya jaminan mutu, kesohor diseantero jagat raya. Pokoknya mantap dah, kesan orang-orang ama angka 5. Walaupun belum pernah ketemu, orang bisa membayangkan sorotan matanya yang tajam spt sinar laser, pancaran aura kasih dimana-mana dan selalu bawa tongkat kemana-mana. Pendek kata, pria idaman yg celeb abis yaa kayak gitu, gak ada lagi yang bisa ngelebihin.
 
Nah, kebalikan dari itu, sy kalo nyapa istri waktu bangun pagi, “gud moning, honey.” barangkali dalam hati dia akan ngedumel, madu koq bau jigong seh?  Belon lagi kalo beradu pandang, boro-boro mo terpesona karna tatapan, malah heran, napa matamu bukan ditutupi pake irisan timun, koq ditempelin belek segudang? Belon lagi liat rambut yang kusut masai, beda bener ama afgan.
 
Ternyata, kalo tidur, kata mata ijo istri sy dilepas hehehe… begitu bangun, ternyata rumputnya gak sehijau yg dikira. Sayangnya waktu begitu mepet, andaikan kalo setelah melihat rumput spt itu, istri saya lalu buru-buru baca ‘dhammacakkapavatana (pemutaran roda dhamma) sutta, lalu direnungkan secara mendalam, mungkin akan menembus Empat Kesunyataan Mulia. Barangkali paling rendah akan mencapai sotapanna.
 
 
[pantulan 30-04-2009]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: