Chan Yan

………… just a simple indonesian personal interest weblog

Kaca Mata Kuda

Posted by chanyan pada 2010/04/25

oleh : Chan Yan
 
Kalo kemaren, sy nulisnya rada2 ngalor ngidul soal Kaca Mata Ijo, mudah2an hari ini sy bisa nulis yg agak lempeng, Kaca Mata Kude yg beneran hehehe… Lagian, mana ada seh kuda yg dipakein Kaca Mata Ijo. Itu khan cuman metafor untuk menggambarkan moha (kebodohan/ignorance). Entah gak nyadar ato emang sengaja, nyatanya setiap hari kita ‘ditipu’, spt kuda yg dipakein kaca mata ijo, menganggap ilusi sebagai realita, misalnya, selalu menganggap rumput tetangga lebih ijo.
 
Kalo kuda yg beneran, biasanya sih di tempat2 pariwisata, umumnya dipakein kaca mata kuda. Kaca mata khusus ini beda dengan kaca mata minus sy. Kalo pake kaca mata minus, tujuannya biar bisa ngeliat jelas yg tadinya samar2. Mestinya seh, kalo udah bisa keliatan lebih jelas, misalnya jerawat yg buram jadi jelas, harusnya jadi gak berhasrat. Tapi herannya, napa malah jadi lebih nafsu yaa? Apalagi yg sorot matanya kayak laser, barangkalinya timbunan napsunya lebih dahsyat lagi hehehe.  
 
Tapi kalo kaca mata kude, tujuannya biar gak terlalu banyak liat kiri kanan. Jalannya biar lurus terus, baru belok setelah disuruh belok. Contohnya, kalo lagi jalan di mall, tiba2 dicubit ama yg di samping. Loh? koq kaca mata kude nya bisa nyubit seh, hehehe…
 
Teman sy yg cinta buanget ama kebebasan, kalo dipakein kaca mata kude, mungkin akan ngadu ke komnas HAM. Padahal dia gak nyadar, komnas HAM sendiri punya kaca mata kude nya sendiri, hihihi… 
 
Prinsipnya sih simple2 aja, kalo saya sebagai murid, yaa.. saya harus jadi murid yang rajin belajar, termasuk belajar menghormati guru. Kalo jadi seorang bapak, harus jadi bapak yang rela berkorban, istilahnya punya cinta kasih, misalnya rela begadang nungguin anaknya yg demam. Barangkali yang lebih sulit adalah jadi teman yang baik. Teman yang ‘welas asih’ mungkin masih ada, tapi teman yang rela berkorban? Hare gene… hehehe….
 
Untungnya sy bukan bhikkhu, jadi gak pa2 kalo menulis syair lagu. Tapi meskipun senang dengerin lagu, sy gak sanggup bikin lagu, apalagi  judulnya ‘anicca’, atau ‘dukkha’, apalagi ‘anatta’. Kalo dipaksain juga, paling banter jadinya ‘selingkuh itu indah’, weleh…weleh…weleh… tapi yaa gitu deh, kira2 ada gak yaa yg berani nulis syair lagu judulnya ‘selingkuh itu dukkha’. ayoo..  tunjuk jari. Kalo pun ada yg berani, pasti gak ada yg mo beli kaset atau cd nya hehehe…
 
Sekarang sy lagi mikir2 nih, apakah terlalu berlebihan kalo ada yg bilang: hindarilah pembunuhan makhluk hidup, hindarilah mencuri, hindarilah selingkuh, hindarilah berbohong dan hindarilah minuman keras ?

[pantulan 01-05-2009]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: