Chan Yan

………… just a simple indonesian personal interest weblog

Kaca Mata Renang

Posted by chanyan pada 2010/04/25

oleh : Chan Yan

Gara2 di hari pertama sy kasih judul Kaca Mata Ijo, lalu esoknya iseng pake judul Kaca Mata Kuda, sekarang biar nyambung, kira2 sy harus pake judul apa yaa yg ada kata Kaca Mata, hehehe…
 
Umumnya sih orang pake kaca mata renang sewaktu di kolam atau di laut. Tapi waktu malam sincia, sy pernah liat org pake kaca mata renang di vihara. Nah lo. Sebenarnya lebih tepat  dibilang kelenteng. Yang datang membludak, apalagi menjelang jam nol2. Saking ramainya, jalan aja susah, yg udah muter, pasti berlinang air mata, semakin banyak ingusnya sepertinya semakin mantap doanya. Gimana petugas yg cabutin hio yg membludak di hiolo? Untung petugasnya gak kurang akal, pake kaca mata renang, hehehe…
 
Biarpun keliatannya kayak gimana getu, tapi fungsinya rada2 mirip. Yang satu menghindarkan mata biar gak perih kena air. Satunya lagi menghindarkan mata biar gak perih kena asap. Salah satu fungsi sila juga mirip2 gitu, maksudnya menghindarkan batin biar gak kena polusi.
 
Ada juga sih, teman yg biasa berenang di sungai ato di laut, spesialisasinya gaya doggy, maksudnya sewaktu berenang, kepalanya gak nyelam ke dalam air, kadang  kepala gak basah sama sekali, hehehe… mungkin yg model gini gak butuh kaca mata renang, karena gak pernah lihat ke dalam.
 
Pertama sampai di kolam renang, santaiii dulu ah, duduk di kursi malas, lihat kiri kanan, ambooi… banyak yang pake bikini. Yaa iyalah, masak di kolam renang pake daster. Kalo liat pemandangan2 kayak gitu, napa tiba2 jadi haus yaa, hehehe…  Aaah… keluarin botol minum dulu aah.  Airnya kelihatan masih bening di botol transparant [batin juga gitu, mula2 msh bening]. Biar staminanya fit, masukin bubuk penambah energi satu sachet aaah ke dalam botol. Kocok2 dikit, air di di botol sudah bercampur dg warna lain. [Air yg sdh berwarna ini spt batin yg dipengaruhi kamacchanda, nafsu keinginan yg berteman dg si lobha/keserakahan]
 
Abis seteguk dua teguk, udah siap siap nih buat berenang. Sampai di pinggir kolam, celupkan kaki dulu. Lho, koq airnya bukan dingin tapi hangat. Soalnya… berenangnya sore, sehabis panas teriiiiiik sekali, hehehe. [Air yg hangat/mendidih spt batin yang dipengaruhi vyapada, kemarahan yg berteman dg kebencian]
 
Setelah pasang kaca mata renang, byuuuuurrr… asyik… langsung pake gaya batu, nyelam sampai ke dasar kolam. Ternyata di sela2 lantai, ada sedikit lumut. [Air yang berlumut spt batin yang dipengaruhi Thina Middha, kemalasan dan kebebalan]
 
Gak sanggup tahan napas lama2, ngambang juga ke permukaan. Ternyata permukaan airnya gak tenang, tapi bergelombang. [Air yang bergelombang spt batin yg dipengaruhi Uddhacca kukkucca, selalu gelisah, gak kalem].
 
Rupanya hari libur ini rame sekali yaa yg berenang, jadi airnya gak bening2 amat, kalo gak mo dibilang agak keruh. [Air yg keruh/kotor spt batin yg dipengaruhi Vicikiccha, keragu2an]
 

Maksud ilustrasi diatas, biar sy gampang ingat soal 5 nivarana, penghalang mencapai samadhi.

[pantulan 02-05-2009]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: