Chan Yan

………… just a simple indonesian personal interest weblog

Kitab Digha Nikaya

Posted by chanyan pada 2010/04/26

Oleh : Chan Yan

Hari minggu kemaren, saya agak berdebar-debar. Bukan karena takut atau diminta pidato. Tapi karena gembira, merasa bersyukur dan bisa membantu orang lain. Saya diminta Dhammacitta untuk mendistribusikan buku Digha Nikaya. Lhaaaa, getu aja pake berdebar-debar, kayak mo nembak pacar aja yaa, hehehe…

Saya bersyukur, karena di jaman serba matre kayak sekarang gene, masih ada orang-orang yang berjuang untuk Dhamma for free. Benar-benar gratis, dibagikan tanpa syarat ini itu, asal mo baca, bukan cuman buat tatakan kepala doang kalo tidur.

Bukunya lumayan tebal, hampir 700 halaman dan hardcover, memuat lengkap keseluruhan Digha Nikaya yang berjumlah 34 sutta. Digha Nikaya sendiri merupakan bagian Sutta Pitaka yang berisi khotbah-khotbah panjang Sang Buddha. Diterjemahkan dari bahasa Pali ke dalam bahasa Inggris oleh Maurice Walshe (1987, 1995) dan sekarang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Sebelumnya memang sudah ada usaha untuk menerjemahkan sutta-sutta di Digha Nikaya, tapi bertahap. Dirjen Bimas Hindu dan Buddha, Depag juga telah mencoba menerbitkan serial Digha Nikaya, tapi saya gak tau udah selesai seluruhnya atau belum. Demikian juga sebagian besar telah dimuat di http://www.samaggi-phala.or.id/tipitaka_dtl.php?cont_id=163 .

Yang hebat dari Dhammacitta ini, pada waktu yang hampir bersamaan, buku itu juga bisa di download di
http://dhammacitta.org/perpustakaan/ebook/theravada/digha-nikaya-khotbah-khotbah-panjang-sang-buddha dalam format pdf.

Kenapa hebat? Mungkin karena saya cuman terlibat dalam sukanya doang, gak terlibat ke dalam dukanya, hehehe… Boro-boro mo kenal dengan organisasinya seperti apa, orangnya aja sy belon pernah ketemu, hehehe… Tapi ‘organisasi dunia maya’ ini, hehehe… karena tidak mencantumkan alamat di planet bumi, … tapi bukan organisasi dunia siluman yaa, hehehe…, telah memberikan karya yang riil.

Wah, jangan-jangan dibaliknya ada dukungan konglomerat gede nih, sehingga bisa menerbitkan buku yang lumayan mewah ini, dibagikan gratis. Tapi sepertinya bukan begitu. Di lembar donatur yg diselipkan, ada ratusan nama donatur, mulai dari yang berdana sepuluh rb sampai lima jutaan. Jumlah yang masih terjangkau oleh rakyat kebanyakan.

Rasanya donatur-donatur dunia maya ini rada2 mirip sy, lebih suka baca dari softcopy, font nya bisa digedein sesuka hati, bisa copas sana sini, bisa comment bisa note semaunya, hehehe… namun walau mereka org2 di dunia maya, tapi dananya riil.

That’s why sy gembira. Karena masih banyak pemuka agama dan umat yang belon terbiasa dengan e-book, terutama mereka2 yang masih menganggap vihara sebagai satu2nya tempat belajar Buddha Dhamma. Dan ternyata… mereka bahagia sekali menerima kitab suci, hasil dari dana anda2, makhluk2 dunia maya, hehehe…

[08-06-2009]
NB: proyek berikutnya yg lebih besar, katanya Samyuta Nikaya. Tapi biar
pimprod nya yg umumin sendiri. Dan sy spt biasa, nunggu sukanya aja, hihihi…
———-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: