Chan Yan

………… just a simple indonesian personal interest weblog

Majalah Dhammacakka edisi Waisak 2553 BE (Buddhist Era) / 2009

Posted by chanyan pada 2010/04/26

oleh : Chan Yan
 
Biasanya majalah adalah gudangnya wartawan yg kerjaannya ngatain orang lain.. Orang yg gak tau, sehabis baca hasil kerja wartawan, biasanya jadi lebih tau. Sekarang sy lagi iseng niy mo ngatain si gudang ngatain orang, terimalah karmamu hehehe… Untuk edisi berikutnya, biar gak dikata2in lagi ama sy, silakan bergabung dg kirim email kosong ke : infobuddha-subscribe@yahoogroups.com biar bisa lebih puas ngata2in diri sendiri, hehehe… “Bilang aja elo lagi promosi milis.” sergap suara batin sy yg gak suka basa-basi.
 
Nah, ini dia, kata yg menantang, Promosi.
 
Rasanya sy gak pernah liat tuh, di majalah lain, di koran2, di tivi atau buku-buku acara, yg berisi iklan Majalah Dhamcak, apalagi di spanduk2 ucapan Selamat Hari Waisak yang ngegantung di jalan2, yang sering malah dibawahnya tertulis Polres mana gitu. “Elo nya aja yg kuper” sergah suara batin lagi. Tapi di edisi waisak ini, sy lihat ada form berlangganan 4 edisi seharga Rp. 100.000,- (jabodetabek), Rp. 125.000,- (luar jabodetabek). Yaa… lumayanlah bagi mereka yg jarang nongol di vjdj, ada antar jemput, ngirimin majalah maksudnya, hehehe…
 
Supaya pada beli, langsung aja dah kita liat cuplikan di bawah ini :
 
——————-
PENGANTAR REDAKSI
 
Memberikan pendidikan yang berkualitas berbasiskan agama, termasuk Agama Buddha bukanlah perkara mudah. Mencari pendidikan terbaik dan ideal adalah bagian dari upaya meraih masa depan cerah. Lalu bagaimana konsep dan permasalahan pendidikan Buddhis termasuk kualitas guru dan materi kurikulumnya, redaksi mencoba mapping menguraikan dengan lebih mendalam. Nara sumber yang redaksi wawancarai antara lain adalah anggota Sangha Theravada Indonesia, guru sekolah swasta dan negeri, pejabat Direktorat Buddha Departemen Agama RI, dan pengurus Sekolah Minggu. Topik pendidikan Buddhis menjadi lebih signifikan karena bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional yang diperingati pada tanggal 2 Mei. Semoga Fokus Utama ‘Pendidikan Buddhis’ memberi ‘sedikit’ sumbang pikir kepada Pemerintah Republik Indonesia untuk mengembangkan pendidikan yang ideal.
 
Mungkin masih ada sedikit ‘masalah’ yaitu seputar kontroversi Buddha-bar yang bakal mengganjal jelang dan saat peringatan Waisak 2553 BE. Semoga saja ganjalan tersebut melarut saat detik-detik 11.01.10 ketika umat Buddha khusyuk bermeditasi dalam Renungan Hari Trisuci Waisak. Kami berhaap semua pihak terkait dapat bersikap arif dan bijaksana dalam mengambil hikmah.
 
Selain dua hal di atas, rubrik-rubrik Berita Sangha terasa lebih bervariasi dengan berbagai berita pecah rekor. Penahbisan anggota baru Sangha Theravada Indonesia (STI), sebanyak tujuh orang merupakan pecah rekor setelah menunggu selama 33 tahun. Pemecahan rekor lainnya dilakukan oleh Bhikkhu Jotidhammo Mahathera setelah menjadi Bhikkhu pertama STI yang berhasil meraih Gelar Doktor di bidang ilmu filsafat.
 
Selamat menikmati sajian dari Tim Redaksi Majalah Dhammacakka. Semoga edisi kali ini mendidik dan mencerahkan serta bisa bermanfaat bagi kehidupan masyarakat secara umum seperti filosofi pohon pisang yang dituturkan dengan apik dalam serial Brahmajala Sutta edisi kali ini.
 
Selamat Hari Trisuci Waisak !
 
——————
Alamat Redaksi :
Jl. Agung Permai XV / 12 Blok C
Sunter Agung Podomoro Jakarta 14350
Telp. (021) 6471 6739, 641 4304
sms : (021) 9342 5252
website : http://www.dhammacakka.org
email : cakko@centrin.net.id

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: