Chan Yan

………… just a simple indonesian personal interest weblog

Mengatasi Kemarahan

Posted by chanyan pada 2010/05/07

Kapan pun anda marah, diamlah. Tetap di situ. Jangan Bergerak. Jangan lakukan apapun. Tahan untuk tidak berkata-kata, bahkan sepatah katapun juga tidak!

Bersikaplah sepenuhnya diam dan hening. Abaikan sama sekali orang atau benda yang membuat anda marah dan kecewa.

Lalu amatilah hati dan pikiran ini.  Amati ketegangan ini, kesesakan, kepedihan, perasaan dan sensasi yang terjadi. Kemudian amati lebih lanjut dan lihatlah kemarahan ini sebagai racun, yang kemudian mendingin dan berakhir.

Jika itu tidak berhasil, pejamkan mata anda sejenak, ajaklah pikiran anda melayang, membumbung tinggi di langit yang biru, terbang melintasi awan dan turun di gunung kedamaian anda, di tengah-tengah sejuknya hamparan hijau, di keteduhan pepohonan,  dikelilingi semak belukar yang alami dengan warna-warni bunga yang menyejukkan, ada yang berwarna biru muda, ada kembang yang berwarna pink dengan putik berwarna merah menyala dan sari yang kuning cemerlang, banyak juga yang berwarna ungu dan jingga, semua warna yang anda senangi ada di sana

photo by: Yulia HalimTarik napas yang dalam, lalu hembuskan perlahan-lahan sampai habis. Hirup keharuman udara yang suuaaaangat menyenangkan, udara yang bersih serta menyegarkan.

Dengarkan suara cecuitan burung-burung kecil. Sesekali dengarkan suara kepakan sayap burung bangau di kejauhan. Nikmati alunan melodi dari mata air pegunungan, melangkahkah ke kolam air yang sejuk,  segar, dinginnnn. Jangan takut, teruslah melangkah sampai persis dibawah siraman air terjun yang memancar lembut.

Amati ikan-ikan beraneka warna yang berenang riang gembira di dekat kaki anda. Rasakan gelinya waktu ikan-ikan kecil itu menggigit kulit mati di kaki. Perhatikanlah kupu-kupu yang menari-nari dengan lincahnya di antara bunga-bunga teratai, katak pun berkuak-kuak tidak mau ketinggalan.

Semuanya nyaman dan tentram di dalam pikiran anda. Rasanya tidak ada kesusahan apapun di dunia.

Selanjutnya, pandanglah orang yang membuat anda marah beberapa saat yang lalu, dan tersenyumlah. Lihatlah, bagaimana kemarahan anda sudah mencair semua. Setelah kepala diguyur dengan air yang dingin, menghirup udara yang segar, mendengarkan melodi yang menentramkan, bagaimana mungkin anda masih bisa marah?

Iklan

Satu Tanggapan to “Mengatasi Kemarahan”

  1. Postingnya yang sangat menarik, sukses untuk anda.
    Kunjungi Blog kami http://www.harisistanto.wordpress.com, baca posting baru yang berjudul : “Sepeda motor hybrid, kenapa tidak?”, dan artikel lain yang berguna dan mohon diberi komentar. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: